Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Untuk Guru SD, Guru Mapel SMP SMA dan SMK Tahun 2021!



Pict By : daringmatchanel

Kumpulan Latihan Soal Tes Seleksi PPPK 2021 Untuk Semua Guru | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2021 yang akan datang. 

Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2021 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk kemendikbud. Agar para guru dapat bersaing dalam rekrutmen lebih dari 1 Juta quru PPPK tahun 2021 nanti tentunya para peserta tes harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Salah satunya dengan mempelajari Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru untuk Guru SD, guru Mata Pelajaran SMP SMA dan SMK. Lebih dari itu, para peserta harus lebih banyak mempelajari Bahan Materi yang memiliki keterkaitan dengan Kisi Kisi Seleksi PPPK tahun 2021. Seleksi Guru PPPK tahun 2021 tidak hanya diperuntukan bagi guru yang sudah menjadi guru honorer, tetapi juga bagi Calon Guru yang sudah lulus PPG belum menjadi tenaga honorer.

Berdasarkan Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 yang diubah dengan Peraturan BKN Nomor 18 Tahun 2020. Persyaratan untuk dapat melamar menjadi PPPK adalah sebagai berikut :
  • Usia paling rendah 20 (dua pulun tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  • Tidak pernah dibehentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan normal sebagai PNS. PPPK, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta atau pegawai lainnya antara lain pegawai Badan Usaha Milik Negara dan pegawai Badan Usaha Milik Daerah;
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan;
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar yang dibuktikan dengan : 1) Surat keterangan sehat dari dokter unit pelayanan kesehatan pemerintah sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar, dan 2) Surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang ditandatangani oleh dokter dari unit pelayanan kesehatan pemerintah atau pejabat yang berwenang dari badan/lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba yang wajib diserahkan setelah pelamar tersebut dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK;
Surat pernyataan pengunduran diri sebagai PPPK yang telah disetujui oleh PPK atau pejabat lain yang ditunjuk yang membidangi kepegawaian paling rendah jabatan pimpinan tinggi pratama, dan; Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Usia pelamar sebagaimana dimaksud diatas ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada Surat Tanda Tamat Belajar / Ijazah yang digunakan sebagai dasar untuk pelamaran. Setiap pelamar harus memenuhi dan menyampaikan semua persyaratan pelamaran sebagaimana tercantum dalam pengumuman Setiap pelamar berhak untuk memperoleh informasi tentang seleksi PPPK dari instansi yang akan dilamar.

Penyampaian surat lamaran dan dokumen yang dipersyaratkan diterima paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sebelum pelaksanaan seleksi administrasi. Tahapan pelamaran terdiri atas: pendaftaran dan penyampaian dokumen lamaran. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id atau laman lainnya yang ditentukan oleh BKN.

✅ Pendaftaran dilakukan dengan cara memasukkan data pelamar yang paling kurang terdiri atas:

a. Nomor identitas kependudukan;

b. Nama lengkap:

c. Tempat (kabupaten/kota), tanggal, bulan, dan tahun kelahiran,

d. Kualifikasi pendidikan sesuai tjazah yang dimiliki yang disyaratkan oleh jabatan,

e, Jabatan yang dilamar,

f. Instansi yang dilamar,

g. Alamat e-mail: dan

h. Nomor telepon atau handphone yang dihubungi,

✅ Penyelenggaraan seleksi pengadaan PPPK terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu:

a. Seleksi administrasi;

b. Seleksi kompetensi, dan

c. Wawancara


Untuk menghadapi seleksi pengadaan PPPK Tahun 2021 ada baiknya untuk mempelajari Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru untuk Guru SD, guru Mata Pelajaran SMP SMA dan SMK Tahun 2021. Soal-soal ini bukan soal resmi tetapi hanya sebagai bahan pengayaan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para calon guru. Mudah-mudahan dengan mempelajari soal ini menambah persiapan dan rasa percaya diri para calon pendaftar PPPK 2021 yang akan datang.

Sampai disini dulu informasi yang bisa kami sampaikan. Jika ingin tetap mendapatkan informasi terbaru seputar Informasi Dunia Pendidikan, silahkan pantau laman ini dengan cara mengikuti Fans Page kami di INFO PPPK INDONESIA. Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih. 

Sumber : blog keren https://ainamulyana.blogspot.com/2020/11/latihan-soaltes-seleksi-pppk-guru.html