Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ketua Panselnas Menargetkan Seleksi PPPK Paling Lambat April sudah digelar, dan CPNS Juni 2021!



Seleksi PPPK Paling Lambat April sudah digelar, dan CPNS Juni 2021 - Ketua Panselnas Bima Haria juga mendukung upaya Kemendikbud dalam mengupayakan dan mensukseskan rencana seleksi 1 juta guru PPPK. 

Panselnas juga menargetkan paling lambat April sudah digelar seleksi PPPK. Ini agar tidak bertabrakan dengan rekrutmen CPNS yang rencananya digelar Juni 2021. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Iwan Syahril mengimbau para guru honorer K2 maupun nonkategori tidak perlu takut menghadapi ujian Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), yang ditargetkan Maret April 2021. Ujian PPPK lebih dititikberatkan pada kompetensi bidang atau teknis sehingga berhubungan erat dengan aktivitas guru-guru.

"Ujian PPPK ini berbeda dengan ujian CPNS. Ujian CPNS lebih sulit karena ada seleksi kompetensi dasar, di samping seleksi kompetensi bidang," jelasnya.

Dia menerangkan, materi ujian PPPK terdiri dari kompetensi teknis (sesuai mata pelajaran), tes bakat skolastik (penalaran), manajerial, sosio-kultural, pertanyaan wawancara yang dijawab tertulis. 

Untuk kompetensi teknis ini masing-masing peserta mendapatkan 50 butir soal dengan waktu 60 menit. Tes penalaran 40 butir soal waktu 60 menit. Tes manajerial 30 soal dengan waktu 25 menit. sosio-kultural 20 butir soal dikerjakan selama 15 menit, dan pertanyaan wawancara 10 soal dengan waktu 10 menit.

"Materi ujian PPPK terdiri dari 150 soal kompetensi teknis, penalaran, manajerial, sosio-kultural, pertanyaan wawancara. Dikerjakan selama 170 menit," terangnya.

Iwan menambahkan, sedangkan bobot penilaian, untuk kompetensi teknis dan penalaran 60 persen.

"Kompetensi teknis dan penalaran lebih tinggi bobotnya karena sesuai mata pelajaran yang diajarkan gurunya. Kalau gurunya melaksanakan tugas mengajarnya dengan baik, insyaallah bisa menjawab," tuturnya.

Dia menambahkan, Februari ini, Kemendikbud akan memberikan materi pembelajaran bagi para guru honorer agar bisa melakukan simulasi secara online. Sedangkan mengenai waktu pelaksanaan ujian, Iwan mengungkapkan masih terus membahas bersama Panselnas. Targetnya Maret dan paling lambat April mendatang.

"Kami sih berharap bisa berjalan sesuai rencana mengingat kebutuhan guru makin besar karena adanya guru PNS yang pensiun," tandasnya.

Sampai disini dulu informasi yang bisa kami sampaikan. Jika ingin tetap mendapatkan informasi terbaru seputar Informasi Dunia Pendidikan, silahkan pantau laman ini dengan cara mengikuti Fans Page kami di INFO PPPK INDONESIA. Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih. 

Sumber : Jpnn