Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Unduh Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Essay

Seperti yang diketahui bahwa analilis butir soal adalah tes kualitas atau kualitas pertanyaan untuk mendapatkan wawasan tentang karakteristik pertanyaan. 

Unduh Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Essay

Analisis butir soal dibagi menjadi dua, yaitu analisis butir soal kualitatif dan analisis butir soal kuantitatif.

Pada prinsipnya analisis kualitatif butir soal dilakukan sesuai dengan kaidah penulisan soal. Aspek-aspek yang diperhatikan dalam penelitian kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi, bahasa/budaya, serta kunci tanggapan atau pedoman evaluasi.

Analisis butir soal kuantitatif adalah tes soal melalui analisis empiris hasil tes. Ada dua pendekatan analisis kuantitatif, yaitu pendekatan klasik dan pendekatan modern. Juga, artikel ini berfokus pada analisis butir soal menggunakan pendekatan klasik.

Analisis butir soal klasik adalah metode pengujian butir soal dengan menggunakan informasi dari tanggapan siswa, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas butir soal melalui penerapan teori tes klasik.

Aspek yang harus diperhatikan dalam analisis klasik soal adalah bahwa setiap butir diperiksa dari segi kenyamanan butir soal, ciri khas butir soal dan distribusi kemungkinan jawaban (untuk soal pilihan ganda) atau frekuensi tanggapan jawaban setiap kemungkinan jawaban.

Sebagai seorang guru, menganalisis soal-soal ulangan harian, soal-soal ujian akhir semester, dan ujian-ujian lainnya adalah suatu keharusan agar kita mengetahui apakah soal-soal tersebut valid atau tidak, sehingga dapat digunakan kembali atau tidak. 

Oleh karena itu, agar hasil analisis menjadi baik, sobat guru gru membutuhkan aplikasi yang benar. Sobat semua bisa mendownloadnya di akhir postingan ini.

Untuk membantu sobat dalam melakukan kegiatan analisis butir soal, Bantuguru.id menyediakan di sini aplikasi analisis butir soal dalam bentuk pilihan ganda dan deskripsi (aplikasi dapat disesuaikan berdasarkan jumlah butir soal).

Analisis Soal Pilihan Ganda (UNDUH)

Analisis Butir Soal Uraian (UNDUH)

Demikianlah informasi yang dapat bantuguru berikan terkait Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Essay. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung. Mohon bantu doanya agar blog ini terus berkembang dan bermanfaat bagi semua sobat pembelajar. Memberi keuntungan di dunia dan di akhirat. 

Untuk menerima pemberitahuan langsung artikel terbaru di Facebook dari website ini, klik halaman Fans Page Facebook kami BANTU GURU.

Sumber: guruberto.com