Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Buruh Minta Dana Pelatihan Prakerja Dikurangi, Uang Saku Ditambah

KSPI atau singkatan dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia meminta program bantuan sosial tunai (BSU) dan Kartu Prakerja dilanjutkan hingga pandemi COVID-19 selesai.

Sumber gambar: finance.detik.com

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan bahwa mereka mendorong dan meminta kepada bapak Presiden Joko Widodo, bahwa program BSU dan Kartu Prakerja tetap dilangsungkan dan tidak berhenti. Sebagaimana disampaikan, COVID-19 ini masih belum bisa diprediksi. Bahkan Desember diprediksi akan ada ledakan jumlah penderita COVID-19.

Untuk Kartu Prakerja, buruh meminta dana untuk program trainingnya dikurangi tetapi uang saku untuk penerima Kartu Prakerja ditambahkan. Hal ini diharapkan agar buruh yang mengikuti Prakerja bisa meningkatkan konsumsinya.

Untuk BSU, diharapkan bukan hanya diberikan kepada buruh di wilayah PPKM level 4. Buruh meminta agar diberikan kepada buruh yang terkena PHK, upahnya dipotong hingga yang dirumahkan.

Ia mengatakan bahwa sekarang sudah tidak ada yang level 4. Kemudian buruh itu kan tidak menerima 100% upahnya. Bila memungkinkan BSU itu ditingkatkan.

Diungkapkan, bantuan sosial seperti BSU dan Kartu Prakerja dianggap penting oleh buruh karena untuk memenuhi kebutuhan primer. Jadi diharapkan bisa berlangsung terus selama pandemi masih ada.

Ia mengajtakan bahwa sampai dinyatakan COVID-19 selesai, dan tidak ada ancaman PHK, serta buruh-buruh yang dirumahkan diperkejakan kembali.

Sumber berita utama: finance.detik.com